CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Senin, 04 Mei 2009

Tipe Kepribadian vs Job

Menurut John L Holland, seorang praktisi yang mempelajari hubungan antara kepribadian dengan minat pekerjaan. Menurut Holland, ada enam jenis atau orientasi kepribadian pada manusia:
  1. Tipe realistis. Menyukai pekerjaan yang sifatnya konkret yangmelibatkan kegiatan yang sistematis seperti mengoperasikan mesin atau peralatan. Tidak banyak membutuhkan ketrampilan komunikasi atau hubungan dengan orang lain. Mereka ini memiliki fisik yangkuat. Mereka baik untuk berkarir di bidang seperti perburuhan, pertanian, barber shop, dan konstruksi.
  2. Tipe intelektual/investigatif. Menyukai hal-hal yang teoritis dan konseptual.Cenderung sebagai pemikir dari pada pelakutindakan, senang menganalisa dan memahami sesuatu,biasanya menghindari hubungan sosial yang akrab.Tipe ini cocok untuk bekerja di laboratorium penelitian seperti peneliti, ilmuwan dan ahli matematika.
  3. Tipe sosial. Senang membantu atau bekerja dengan orang lain.Kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan berhubungan dengan orang lain,namun biasanya kurang dalam kemampuan mekanikal dan sains. Pekerjaan yang sesuai yaitu guru/pengajar, konselor, pekerja sosial, guide,bartender.
  4. Tipe konvensional. Menyukai pekerjaan yang terstruktur atau jelas urutannya, mengolah data dengan aturan tertentu.Pekerjaan yang sesuai yaitu sebagai sekretaris,teller, filing, akuntan.
  5. Tipe usaha/enterprising. Cenderung mempunyai kemampuan verbal/komunikasiyang baik dan menggunakannya untuk memimpin orangl ain, mengatur, mengarahkan, mempromosikan produk atau gagasan. Sesuai untuk bekerja sebagai sales,politikus, manajer, pengacara, agensi iklan.
  6. Tipe artistik. Cenderung ingin mengekspresikan dirinya, tidak menyukai struktur atau aturan, lebih menyukai tugas-tugas yang memungkinkan ia mengekspresikan diri. Karir yang sesuai yaitu sebagai musisi,seniman, dekorator, penari, penulis.

0 komentar: